Selasa, 25 November 2008

Manfaat Pisang Apa Sich???



Pisang merupakan buah yang mudah dijumpai hampir di semua pasar dan supermarket. Dan ditunjang dengan iklim Indonesia yang tropis menjadikan pisang dapat berbuah setiap saat tanpa mengenal musim panen.

Buah yang konon berasal dari Asia Tenggara ini, mempunyai kandungan karbohidrat kompleks, ini merupakan cadangan energi yang baik untuk tubuh dibandingkan buah-buahan yang lain. Pisang mempunyai komposisi kandungan yang gizi baik seperti kalium, kalsium, vitamin C serta B kompleks.

Buah pisang juga dikenal memiliki kasiat sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit. Contohnya pisang emas digunakan sebagai obat penyakit kuning, Pisang klutuk terutama bijinya mengandung zat tannin yang berguna untuk obat diare. Bukan hanya itu, pisang juga berkasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kolesterol darah, mencegah kanker usus, membantu melancarkan pengiriman oksigen ke otak, serta dapat menghaluskan kulit.

Selain itu, semua bagian tanaman pisang juga dapat di manfaatkan, misalnya daunnya bisa digunakan sebagai pembungkus makanan dan makanan ternak, batangnya diolah menjadi serat untuk pakaian dan kertas, serta kulit pisang itu sendiri dapat diolah menjadi cuka dengan dilakukan proses fermentasi alkohol dan asam cuka.


Tidak ada komentar: